Tafsir As-Sa’di Surat al-Baqarah ayat 38-39


Kami berfirman: “Turunlah kamu semua dari surga itu! Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barangsiapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak [pula] mereka bersedih hati”. (38) Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itu penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.(QS. al-Baqarah 38-39)

Tafsir ayat:

38. Dia mengulangi kata menurunkan agar mengakibatkan suatu hal yang disebutkan yaitu firmanNya, فَإِمَّا يَأۡتِيَنَّكُم مِّنِّى هُدً۬ى “kemudian jika datang petunjukKu kepadamu” yaitu kapan pun petunjukKu datang kepadamu wahai sekalian makhluk, berupa seorang Rasul dan sebuah kitab yang menunjukkan kalian kepada perkara yang mendekatkan kalian kepadaKu dan kepada ridhaKu, maka barangsiapa di antara kalian yang mengikuti petunjukKu, yaitu dengan beriman kepada RasulKu dan kitabKu lalu mengambil petunjuk dari mereka, dan hal tersebut direaliasikan dengan membenarkan segala kabar-kabar para Rasul dari kitab-kitab, dan menunaikan perintah-perintah dan menjauhi larangan-larangan, فَلَا خَوۡفٌ عَلَيۡہِمۡ وَلَا هُمۡ يَحۡزَنُونَ  “Niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak pula mereka bersedih hati”, dan dalam ayat yang lain,

 فَمَنِ ٱتَّبَعَ هُدَاىَ فَلَا يَضِلُّ وَلَا يَشۡقَىٰ

Lalu barangsiapa yang mengikut petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka.(QS. Thaha: 123)

Maka Dia mengimplikasikan bagi orang yang mengikuti petunjukNya empat perkara:

Menghilangkan kekhawatiran dan kesedihan, dan perbedaan antara keduanya adalah bahwasanya suatu hal yang dibenci apabila telah berlalu, mengakibatkan kesedihan. Namun apabila suaut hal yang ditunggu maka mengakibatkan kekhawatiran. Oleh karena itu, Allah menghilangkan kedua hal itu dari orang yang mengikuti petunjuk lalu apabila kedua hal tersebut telah hilang niscaya terjadilah hal yang menjadi kebalikan keduanya yaitu rasa aman yang sempurna.

39. Demikian juga menghilangkan kesesatan dan kesengsaraan dari orang yang mengikuti peetunjuNya, lalu apabila kedua hal itu juga telah hilang, niscaya tetaplah hal yang menjadi kebalikan keduanya yaitu hidayah dan kebahagiaan. Barangsiapa yang mengikuti petunjuNya, niscaya dia akan memperoleh rasa aman dan kebahagiaan dunia maupun akhirat dan juga hidayah, dan hilanglah darinya segala hal yang dibenci berupa kekhawatiran, kesedihan, dan kesesatan serta kesengsaraan, dan dia memperoleh hal yang diharap-harapkan dan lenyaplah hal yang ditakuti. Hal ini akan terbalik bagi orang yang tidak mengikuti petunjuNya lalu ia kufur kepadaNya dan mendustakan ayat-ayatNya; mereka itulah penghuni neraka, maksudnya, orang-orang yang selalu bersama neraka sebagaimana kebersamaan seorang teman dengan temannya atau seorang yang berhutang dengan pemberi  hutang, hum fiihaa khaaliduun هُمۡ فِيہَا خَـٰلِدُونَ  “Mereka kekal di dalamnya” mereka tidak akan keluar darinya, dan adzab tidak akan berhenti menyiksa mereka, dan mereka sama sekali tidak ditolong.

Dalam ayat ini dan ayat-ayat yang semisalnya (ada) dalil tentang pengelompokan makhluk dari jin dan manusia kepada kelompok bahagia dan kelompok sengsara, juga ada penjelasan akan sifat-sifat kedua kelompok tersebut serta perbuatan-perbuatan yang mengakibatkan kepada kedua kelompok tersebut, dan bahwasanya jin itu seperti manusia dalam hal pahala dan hukuman sebagaimana mereka juga sama dengan manusia dalam hal perintah maupun larangan.

Sumber: Taisir Karimir Rahman fi Tafsiri Kalamil Manan, Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di rahimahullah yang diterjemahkan oleh MUhammad Iqbal, et al; Pustaka Sahifa,  Cetakan Pertama, Dzulhijjah 1427 H

Tag:, , , ,

About Cipto Abu Yahya

Saya hanyalah pedagang ukm yang tidak tertarik untuk dikenal oleh orang banyak. Tapi manfaat yang bisa saya usahakan, diharapkan dapat dirasakan oleh banyak orang..

One response to “Tafsir As-Sa’di Surat al-Baqarah ayat 38-39”

  1. ดูแลผู้สูงอายุ says :

    Very good post. I certainly appreciate this site.
    Keep writing!

Apa Komentar Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: