Mengapa Blogwalking Penting?

Mengapa Blogwalking Penting? Sebelum membahas betapa pentingnya blogwalking, ada baiknya dulu kita mengenal definisi blogwalking. Blogwalking merupakan kegiatan kunjung-berkunjung ke blog orang lain yang terjadi di dunia maya dalam rangka bersilaturahmi.

Blogwalking adalah salah satu cara yang terbaik selain menerapkan tehnik search engine optimization (SEO) untuk mendapatkan traffic. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan informasi tertentu dari blog yang kita kunjungi tersebut.

Pada saat blogwalking, para blogger tidak akan langsung pergi begitu saja dari blog yang mereka kunjungi. Para blogger biasanya meninggalkan jejak terlebih dahulu dengan berkomentar di blog atau di shoutbox atau tempat chat yang blog mereka miliki, ini dilakukan untuk memberitahukan pemilik blog bahwa blog mereka sudah dikunjungi.

“Apa sih manfaat blogwalking? Mengapa dikatakan penting?”

Ya memberikan traffic bagi blog kita lah

“Hah? Cuman itu doank? Males ah saya blogwalking, mendingan pake tehnik seo saja, lebih menjamin trafficnya”Jangan pernah anda beranggapan bahwa blogwalking itu hanya cara untuk mendapatkan traffic saja. Blogwalking memang didefinisikan sebagai mengunjungi blog orang lain, tetapi arti blogwalking yang sesungguhnya adalah bersosialisasi/komunikasi dengan pemilik blog orang lain. Menurut saya seorang master seo sekalipun yang ahli dalam mendapatkan traffic di search engine, tetapi jika tanpa melakukan blogwalking saya rasa tidak lengkap dan tidak bisa dikatakan sebagai seorang blogger. Sebagai blogger tentulah kita wajib berkomunikasi dengan blogger lainnya karena dari situ kita mendapatkan banyak hal. Jadi, apa manfaat sebenarnya dibalik blogwalking itu? Mengapa blogwalking dikatakan penting? Mari sobat simak penjelasan di bawah ini:

1. Blogwalking Sebagai Ajang Promosi

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa seorang blogger tujuannya pasti untuk mempromosikan blognya. Sebagai blogger, tentulah kita wajib berpromosi juga lewat blogwalking agar blog kita semakin dikenal oleh blogger lain. Semakin sering kita blogwalking, maka semakin besar pula harapan blog kita dikenal dan dikunjungi orang lain. Kita bisa berkomentar di artikel blogger lain untuk mempromosikan blog anda. Namun yang perlu anda ingat, berkomentarlah yang baik. Jangan berkomentar yang pendek dan tidak nyambung dengan artikel yang ditulis. Ini akan berdampak pada kredibilitas diri anda sebagai pemilik blog, bisa-bisa anda akan dicap sebagai spammer.

Disarankan dibaca:

2. Blogwalking Sebagai Ajang Silaturahmi

Semakin sering kita berkunjung ke blog orang lain, pemilik blogger tersebut akan merasa simpatik dengan anda. Apabila hal tersebut dilakukan maka akan terbentuk suatu jalinan persahabatan antar blogger. Banyak keuntungan yang kita dapat dari persahabatan antar blogger, kita bisa diajak tukar link, loyal visitor, saling review dan tanya-jawab satu sama lain, bahkan kita juga bisa mendapatkan backlink dari blog ber-pagerank tinggi dari persahabatan tersebut. Ini sangat diutamakan dalam kontes seo, karena banyak yang mengatakan “banyak teman banyak rejeki” YA! Karena kita mudah mendapatkan backlink dari persahabatan tersebut. Usahakan anda membuat daftar blog yang anda kunjungi dan komentari setiap harinya agar tidak lupa dan persahabatan pun tetap terjaga.

3. Blogwalking Sebagai Tempat Mencari Backlink

YA! Selain mendapatkan traffic, blogwalking juga dapat memberikan backlink terhadap blog/website kita. Perlu diketahui, pada saat blogwalking tidak hanya pengunjung/pemilik blog yang melihat blog anda, namun juga robot google. Pada saat ia mengcrawl atau merayap suatu blog, robot google juga akan melihat link-link luar yang terdapat pada blog/website yang dirayapi. Maka beruntunglah kita jika kita meluangkan sedikit waktu untuk blogwalking karena selain mempererat tali silaturahmi, kita juga bisa mendapatkan backlink. Hal ini tidak sia-sia bagi anda yang ingin gencar mencari backlink terhadap blog/artikel yang hendak dioptimasi.

4. Blogwalking Sebagai Tempat Mencari Ide Posting

Saat kita membaca artikel-artikel blog sahabat yang kita kunjungi, kita terkadang banyak mendapat inspirasi untuk menulis artikel di blog kita. Inspirasi ini muncul saat kita benar-benar menyimak isi artikel yang kita baca tersebut. Artikel yang dibaca tersebut wajiblah yang se-niche atau satu tema dengan blog kita, agar inspirasi yang didapatkan pun tepat. Contohnya tema blog anda tentang tutorial blogspot atau blog seo, namun anda membaca artikel di blog yang bertema kesehatan, sungguh tidak nyambung kan?

5. Blogwalking Sebagai Tempatnya Gudang Ilmu

Selain keempat poin di atas, blogwalking juga merupakan tempat untuk menimba ilmu di blog orang lain. Saat blogwalking kita jangan hanya meninggalkan jejak maka langsung pergi dari blog tersebut, setidaknya kita harus membaca artikel-artikelnya. Dengan begitu, kita juga akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat saat membaca artikel-artikel blog sahabat yang kita kunjungi.

Yang perlu anda ingat manfaat blogwalking bukanlah hanya untuk mendapatkan traffic saja, tetapi banyak hal lainnya yang perlu kita pelajari dan kita terapkan tentunya sebagai bloger. Luangkanlah sedikit waktu anda untuk blogwalking ke blog orang lain.

Semoga artikel ini memberikan alasan Mengapa Blogwalking Penting untuk kelangsungan blog dan anda sebagai blogger tentunya. Setidaknya dalam sehari anda blogwalking ke 10 saja untuk menjaga persahabatan blogger.

Semoga bermanfaat

sumber : http://daw-xp.blogspot.com dari dokument

Tag:, , , ,

About Cipto Abu Yahya

Saya hanyalah pedagang ukm yang tidak tertarik untuk dikenal oleh orang banyak. Tapi manfaat yang bisa saya usahakan, diharapkan dapat dirasakan oleh banyak orang..

3 responses to “Mengapa Blogwalking Penting?”

  1. agiptek says :

    Salam kenal
    terimakasih tulisannya sangat bagus
    Silahkan comment di situs saya
    http://agiptek.com (sudah PR 3 di google)
    komentar langsung muncul dan tidak didelete selama tidak berkomentar buruk

Apa Komentar Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: