Berat Blog dan Pengaruhnya Bagi Pengunjung

Bismillah.

Setiap blogger yang membuat blog dengan berbagai tujuan mereka, pasti ingin blognya dikunjungi oleh orang lain. Terlebih para blogger yang ingin menebarkan ilmu dan mengamalkannya. Tentunya dia berkeinginan agar blognya “laku” dikunjungi dan sebagai ladang pahala baginya, karna pembacanya mengambil manfaat dari artikel yang dia posting.

Nah, kini kita perhatikan: apa yang  menyebabkan pengunjung senang mengunjungi blog kita. Di antara sebab pengguna internet mau berkunjung ke sebuah web atau blog, adalah:

a. Judulnya menarik dan bikin penasaran. Perlu diperhatikan juga panjang pendeknya judul, karna semakin panjang judul artikel, katanya sih gak ramah search engine.

b. Paragraf pertama yang menarik dan mengundang pengunjung untuk membukanya lebih lanjut.

c. Memiliki kata-kata yang banyak dicari oleh pencari di mesin google, seperti kata “gambar cewek“, “info artis“, “teknologi”, “tugas sekolah” “togel“,””dan lain-lain. Tapi tentunya Anda sampai jangan terjebak dalam hal ini. Jangan sampai karena keinginan remeh temeh –yang tentunya ini juga perlu diwaspadai, karna syubhat riya’ dan ‘ujub bisa mudah masuk– agar blognya banyak dikunjungi tamu, eh malah menampilkan hal-hal yang tercela dalam agama, seperti memposting hal-hal yang ada kaitannya dengan keyword yang saya cetak miring di atas.

d. Bobot loading yang ringan, dan ini yang menjadi tema utama dari judul artikel. Sebagai blogger yang baru mengetahui tutor-tutor yang dia dapati di blog-blog yang telah mapan, tentunya ingin dia praktekkan di blognya sendiri. Tapi yang jadi masalah, semakin banyak widget yang terpasang -terutama widget audio-, semakin berat pula blognya untuk dibuka.

Selain itu, hal-hal lain yang mempengaruhi berat blog adalah: banner yang terlalu banyak di sidebar, banyak iklan, banyak gambar berukuran besar di postingan, kebanyakan scrip dan flash yang terpasang, dan pengaturan widget yang kurang teratur. Usahakan memasang widget gambar di bagian bawah kanan, karna halaman akan terbuka dari atas kiri ke kanan, kemudian ke bawah. Anda perhatikan pada facebook, halaman yang terlihat tentunya dari atas. Semakin banyak gambar yang terletak di atas, semakin lambat pula loadingnya. Hal yang sama pula dengan adanya gambar yang kelewat besar pada header.

Dan blog dengan bobot yang berat inilah yang menjadi salah satu sebab pengunjung menjadi enggan berkunjung dan berlama-lama di blog kita. Kadang-kadang, karna menunggu loading yang gak kelar-kelar, akhirnya calon pengunjung tersebut memencet tombol silang di atas tab. Nah lo!

Untuk mengukur seberapa berat blog Anda, silakan masuk ke http://www.iwebtool.com/speed_test .Kalo hasil tes menunjukkan size lebih dari 100 kb, ini menunjukkan kalo blog Anda lumayan berat buat dibuka, tapi klo hasil tes menunjukkan kurang dari 100 kb, berarti tergolong ringan. Peringan dengan memangkas bagian yang kurang perlu. Dan untuk mengetahui apa penyebab beratnya blog Anda, cek di http://www.site24x7.com/web-page-analyzer.html

-Semoga Bermanfaat-

Ini contoh hasilnya:

Catatan:

1. Loading time dan Average Speed per KB bisa berubah-ubah. Dan yang menjadi patokan di sini adalah size-nya.

2. Pemilihan template juga dapat mempengaruhi bobot blog. Saya memakai template morning after sebagaimana rekomendasi dari al-Akh Fahruddin Abu Shofiyyah (SalafyMaros.wp.com)

Tag:, , , ,

About Cipto Abu Yahya

Saya hanyalah pedagang ukm yang tidak tertarik untuk dikenal oleh orang banyak. Tapi manfaat yang bisa saya usahakan, diharapkan dapat dirasakan oleh banyak orang..

10 responses to “Berat Blog dan Pengaruhnya Bagi Pengunjung”

  1. Fadhl Ihsan says :

    infonya nais akh, mantabs! (trutama yg itunya..)

  2. Abu Iram Al-Atsary says :

    ehem… kunjungan ah… tukeran banner yuk akh …

  3. abuyahya8211 says :

    afwn akh, mau tanya nie..
    disini yang membuat size berat itu terutama gambar&widget2 yang ada di beranda/ halaman muka atau di semua halaman ??

    jazakallohu khoir

  4. Cipto Abi Yahya says :

    Perhatian:
    Saat saya membuka kembali web iwebtool.com, alamat tersebut sudah berubah menjadi web iklan, sayang sekali. Mungkin Anda punya info tentang web pengukur berat blog yang lain?

Apa Komentar Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: