Pamer Ilmu itu Gak Ada Gunanya

Oleh: Al-Akh Ginanjar Indrajati  -hafidzahullah-

Membangga-banggakan/memamerkan ilmu agama yg dikuasai di hadapan manusia itu tidak ada gunanya,bahkan malah rugi. Soalnya:
1) kita ini hidup di tengah manusia yang tidak menghargai ilmu agama. Jadi, mereka paling akan bilang “who cares” alias emang gue pikirin dg ilmu loh?
2) ilmu agama itu dipelajari untuk menumbuhkan “khasyah” (rasa takut pada Allah), bukan untuk jadi bahan pameran/bangga-banggaan.
Ilmu dipelajari untuk diamalkan, dan sebagai landasan ibadah.

*Maka, dulu ulama-ulama besar diterima dakwahnya oleh masyarakat karena mereka mengamalkan ilmu yang mereka dakwahkan, dan menghiasi kehidupan mereka dengan khasyah dan santun di hadapan masyarakat.

(Sedangkan, –edt) menyebarkan ilmu hukumnya wajib. Menyembunyikan ilmu malah dosa.
Tapi hakikat ilmu adalah seperti yg dikatakan Abdullah bin Mas’ud: “laisal ilm bi katsratir riwayah. Innamal ilm al khasyah”
“hakikat ilmu itu bukan pada banyaknya (hafalan) riwayat, tapi hakikat ilmu adalah rasa takut pada Allah.”

Dulu, ulama salaf itu adalah orang yang ketika menyampaikan ilmu, mereka juga mengamalkannya. Sehingga manusia melihat manfaat dari ilmu tersebut. Ulama salaf membuat manusia butuh ilmu dengan keteladanan yang mereka amalkan dan kewara’an serta ketawadhu’an yang mereka mereka hiaskan pada diri-diri mereka, bukan dengan memamerkan ilmu yang mereka gapai di hadapan manusia.

Menuntut ilmu itu justru harus terus. Batasnya ya kalau sudah mau masuk liang lahat -seperti kata imam Ahmad-.
Semakin banyak ilmu yg dicari dan diperoleh, harusnya semakin membuat kita takut pada Allah, bukan malah membuat kita semakin besar kepala.

Sumber:

-Ejaannya telah disempurnakan-

Tag:, , , , ,

About Cipto Abu Yahya

Saya hanyalah pedagang ukm yang tidak tertarik untuk dikenal oleh orang banyak. Tapi manfaat yang bisa saya usahakan, diharapkan dapat dirasakan oleh banyak orang..

Apa Komentar Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: