Cara Melaporkan Pelanggaran Hak Cipta atas Artikel Anda

Ditulis Oleh: Iwan Restiono

Bagaimanapun kebiasaan mencontek adalah sesuatu yang tidak bisa dibenarkan ditinjau dari sudut apapun. Sering kita temui artikel yang kita buat dengan keringat dan jari keriting digandakan oleh orang lain tanpa ijin kita. Bahkan yang lebih parah lagi mereka menggunakannya untuk mendapatkan keuntungan dari iklan. Mau tidak mau kita harus menindak blog semacam ini. Jika anda blogger beretika dan pekerja keras, jangan hanya diam saja melihat konten yang anda buat diduplikat begitu saja.

Satu hal yang sering saya lakukan adalah menegur dengan memberikan komentar di posting yang merupakan duplikat dari artikel milik saya. Saya berikan waktu bagi mereka 7×24 jam untuk mencantumkan sumber dan tautan yang menunjukkan asal daripada artikel yang mereka duplikat itu. Saya akan mencatat URL blog tersebut dan akan berkunjung lagi 7 hari kemudian. Nah, ketika kunjungan saya berikutnya blog ini belum memberikan tautan kepada artikel saya yang diduplikat, langkah berikutnya adalah melayangkan DMCA Requests ke penyedia layanan tempat si blogger ignoran itu bernaung.

Blog dengan platform WordPress.com

WordPress memiliki opsi pelaporan spam terbaik, respon mereka cukup cepat dan jika sebuah blog terbukti bersalah maka mereka dengan segera akan dinonaktifkan (suspended).

Wordpress Spam Report Bar

Anda harus memiliki akun WordPress untuk melakukan hal diatas. Saat anda mengunjungi sebuah blog yang menggunakan platform WordPress.Com, akan ada sebuah “bar” pada layar perambah anda. Lihat pada kiri atas layar perambah anda, klik pada judul blog tersebut lalu menu seperti diatas akan keluar. Saat anda klik laporkan sebagai spam, maka akan menuju halaman seperti di bawah ini.

Wordpress Spam Report Form

Biarkan saja bagian form Blog URL, pada form Why jelaskan bahwa blog diatas telah melanggar hak anda dengan menduplikat artikel anda. Sertakan URL artikel anda sebagai syarat mutlak atas komplain anda dan URL artikel duplikat yang melanggar hak anda. Setelah anda klik Report Blog, tunggu 48 jam hingga 7 hari untuk melihat respon dari WordPress.Com.

Blog dengan platform Blogspot/Blogger dari Google

Mayoritas dari blog sampah yang mengambil konten dari blog lain berada di jaringan blogger.com atau blogspot. Satu alasan terbesar adalah karena Blogspot mengijinkan blog yang bernaung dibawah layanan gratisnya memasang iklan, tidak seperti Wordpres.com yang tidak memperbolehkan iklan dalam bentuk apapun di blog yang tergabung dalam jaringan mereka..

Blogger/Blogspot memiliki proses yang lebih panjang dalam melaporkan blog sampah dalam jaringan anda. Waktu evaluasinya juga lebih lama jika dibandingkan dengan WordPress.com, tetapi jika anda memang benar pemilik artikel yang dibajak, pasti akan berhasil membuat artikel bajakan tersebut hilang dari peredaran.

Untuk melakukan DMCA request melawan sebuah blog yang bernaung di Blogspot, gunakan yang form DMCA requests for Blogger ini. Anda diharuskan menyediakan informasi mendetail URL artikel anda yang diduplikat, jelasan bagian apa yang diduplikat dan juga URL dari artikel di blog yang melakukan duplikasi tanpa ijin atas artikel anda.

DMCA report email from blogger

Jika anda tidak bisa berbahasa inggris, mintalah bantuan teman yang berbahasa inggris atau gunakan saja Google Translate. Yang pasti pengisian formnya sangat mudah. Jika lengkap dan jelas, akan segera ada hasilnya via email maksimum 7 hari kerja seperti yang saya kutipkan dalam gambar diatas.

Berhadapan dengan blog sampah merupakan pekerjaan yang berat, memang membuang-buang waktu saja. saya telah mencoba banyak sekali cara untuk menekan kemungkinan artikel saya diduplikat, namun tetap saja semua usaha itu tidaklah banyak membuahkan hasil. Untuk itu saya menghimbau kepada para narablog yang baru atau sudah lama dalam dunia blogging untuk lebih mengedepankan etika dalam kegiatan blogging. Saya secara pribadi lebih menghargai artikel yang kurang sempurna namun bermartabat daripada artikel yang mendekati sempurna namun merupakan milik orang lain. Bagaimana menurut anda?

Sumber:

http://www.i2harmony.info/

[ Disalin tanpa pengeditan kata, -Cipto – adm ]

Tag:, , , ,

About Cipto Abu Yahya

Saya hanyalah pedagang ukm yang tidak tertarik untuk dikenal oleh orang banyak. Tapi manfaat yang bisa saya usahakan, diharapkan dapat dirasakan oleh banyak orang..

2 responses to “Cara Melaporkan Pelanggaran Hak Cipta atas Artikel Anda”

  1. I2-Harmony says :

    Terima kasih telah menyalin artikel saya dengan ijin. Inilah namanya blogger yang beretika.🙂 Salut!🙂
    Tapi akan lebih baik lagi kalo gambar-gambar di posting ini dicopy dan dihost sendiri ya bos, jadi tidak memakan bandwidth hosting saya. Hehehe…🙂

Apa Komentar Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: