Tidak Perlu istinja’ karena Buang Angin, dan Tidak harus Beristinja’ Sebelum Wudhu

 Penulis: Abu Malik Kamal as-Sayid Salim -hafidzahullah-

Tidak perlu istinja’ karena keluar angin (buang angin) atau bangun dari tidur. Ibnu Qudamah rahimahullah berkata, “Kami tidak mengetahui adanya perbedaan pendapat dalam masalah ini. Abu Abdillah (Ahmad) berpendapat, tidak ada kewajiban istinja’ karena buang angin dalam Kitabullah dan Sunnah RasulNya. Yang wajib baginya adalah berwudhu (ketika hendak shalat, -ed). Diriwayatkan dariZaid bin Aslam tentang firman Allah Subhaanahu wa Ta’ala:

إِذَا قُمۡتُمۡ إِلَى ٱلصَّلَوٰةِ فَٱغۡسِلُواْ وُجُوهَكُمۡ

“Apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu.” (Al-Maidah: 6)

Yaitu, jika kamu bangun tidur, dan (Allah, -ed) tidak memerintahkan selain dari wudhu. Ini menunjukkan, istinja’ (setelah bangun tidur) tidak wajib. Karena kewajiban itu berasal dari syari’at, sementara tidak ada nash yang menunjukkan istinja’, dan tidak juga secara implisit. Karena istinja’ disyaratkan untuk menghilangkan najis, dan tidak ada najis dalam hal ini.”[1]

Istinja’ juga tidak wajib digabungkan dengan wudhu. Tidak disunnahkan dan tidak juga dianjurkan, sebagaimana yang dipahami oleh banyak orang. Bahkan istinja’ adalah ibadah terpisah yang maksudnya adalah membersihkan tempat yang terkena najis. Tidak ada seorang pun menukil bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam beristinja’ setiap kali berwudhu atau memerintahkannya.

Sumber:

Shahih Fiqh Sunnah


[1] Al-Mughni, Ibnu Qudamah (I/206), cetakan Hajar.

Tag:, , , , , ,

About Cipto Abu Yahya

Saya hanyalah pedagang ukm yang tidak tertarik untuk dikenal oleh orang banyak. Tapi manfaat yang bisa saya usahakan, diharapkan dapat dirasakan oleh banyak orang..

Apa Komentar Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: