Peringatan untuk Mereka yang Bertaklid Kepada Para Imam

Peringatan untuk Mereka yang Bertaklid kepada para Imam

[ Beberapa Persoalan dan Syubhat Seputar Taklid dan Ittiba’ Bag 7

Oleh asy-Syaikh Abu Malik Kamal As-Sayyid Salim ]

Setiap orang yang mewajibkan dirinya untuk bertaklid pada seorang imam beralasan bahwa dirinya tidak mampu berdalil dengan al-Qur’an dan as-Sunnah, atau perkataan sahabat, tabi’in atau imam lainnya.

Ia harus memperhatikan secara seksama perbedaan antara pendapat-pendapat imam yang diselisihinya dengan pendapat-pendapat yang dinisbatkan kepadanya sepeninggalnya berdasarkan kaidah-kaidah madzhabnya, serta berbagai tambahan dari ulama muta’akhirin (dari lingkungan madzhab tersebut) waktu demi waktu berupa macam-macam istihsan, yaitu perkara-perkara yang tidak ada dasarnya dari al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Seandainya para imam mengetahui bahwa mereka menisbatkan berbagai pendapat kepada madzhabnya, niscaya mereka akan berlepas diri darinya dan mengingkari penisbatan tersebut. Penisbatan semua itu kepada seorang imam adalah kebatilan yang nyata. Lebih bathil lagi, menisbatkannya kepada Allah dan Rasul-Nya, dengan mengklaim Allah mensyariatkan hal itu lewat lisan Rasul-Nya.

Kasus seperti ini banyak tercantum dalam kitab-kitab mukhtashar (ringkasan) dalam berbagai madzhab, serta dalam kitab-kitab para muta’akhirin.[1]

Sumber:

Shahih Fiqih Sunnah jilid 1, Abu Malik Kamal As-Sayyid Salim, diterjemahan oleh Abu Ihsan al-Atsary, diterbitkan Pustaka at-Tazkia, Cetakan keempat, dari hal. 76 dengan adanya penyesuaian seperlunya.


[1] Adhwa’ al-Bayan, asy-Syinqithi (VII/576) dan halaman setelahnya. Dalam buku ini dicantumkan beberapa permisalan.

Tag:, , , , , , , ,

About Cipto Abu Yahya

Saya hanyalah pedagang ukm yang tidak tertarik untuk dikenal oleh orang banyak. Tapi manfaat yang bisa saya usahakan, diharapkan dapat dirasakan oleh banyak orang..

Apa Komentar Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: